Posted by : cindyflow_27 Minggu, 04 Desember 2016

Hai semua, selamat pagi, siang, sore, dan malam. Hehehe.. terlalu panjang yaa salam pembukanya :D. Oke deh kalo gitu langsung aja nih yaa friends aku ingin berbagi kisah (aduhh.. lebaayy nih si author pake ada kisah-kisah segala :"v), sebenarnya aku pengen nanya kalian tau nggak apa itu Microsoft Word? Pasti udah pada tau semua kan? (belum thor :'v) (waduh gawat nih kalo ada yang belum tau :D) Nah, kalo gitu disini aku akan ngasih tau pengertian tentang Microsoft Word, terus apa-apa aja sih kegunaan dari Microsoft Word itu. Kalo friends mau tau yukzz cekidot. kita lihat apa itu Microsoft Word ;).

Tentang Microsoft Word.
Microsoft Word atau yang lebih dikenal dengan Microsoft Office adalah perangkat lunak yang menjadi andalan Microsoft. Pada tahun 1983, Microsoft diterbitkan dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Untuk Office 2013, namanya dinamakan Word. 

Nah, friends itu tadi tentang MIcrosoft Word, gimana sekarang udah pada tau kan? (yagitulah thor :v). Sekarang kita akan melihat versi dari Microsoft Word (sebenarnya ada banyak sih versinya, cuman aku ngambil yang versi 2010 sama 2013 aja), yukzz langsung dilihat tentang versinya Microsoft Word :D.

Microsoft Word 2010
Versi ini adalah versi yang dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 8, Windows 7 dan Windows VistaMicrosoft Windows XP (Service Pack 3) (Diluncurkan Pada Tahun 2010)
  • Penghilangan fitur fitur yang tidak diperlukan di Microsft Office 2010, membuat lebih ringan.
  • Dukungan Grafis 3D Yang lebih baik
  • Mendukung Standarisasi format Open Document Format (.odf)
  • Mendukung penyuntingan gambar yang lebih kompleks
  • Penyimpanan terhadap format .pdf dan .xps yang lebih mudah
  • Terintegrasi dengan Windows Live sehingga dapat menyimpan data di Cloud Awan
  • Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
  • Ribbon yang simpel dan mudah digunakan.

Microsoft Word 2013
Versi ini adalah versi yang terbaru dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows Server 2008 R2 Pada 29 Januari 2013
  • Antarmuka mengusung tema Metro. Mirip Windows 8
  • Penggeseran gambar yang lebih baik
  • Mendukung penyuntingan file Adobe Reader (.pdf)
  • Terintegrasi dengan Skydrive sehingga dapat menyimpan data di Cloud.
  • Disediakannya versi 32 bit dan 64 bit
  • Ribbon masih sama seperti Office 2010. Temanya saja yang berbeda.

Tuh friends versi dari Microsoft Word, ternyata makin canggih aja yaa teknologi zaman sekarang dan kalian juga nggak boleh ketinggalan zaman juga yaa friends :D, terus setelah kita tau tentang Microsoft Word dan versinya, ada yang tau nggak nih tentang sejarah Microsoft Word? Hayoo.. pada nggak tau kan :v? Kalo gitu friends langsung aja dilihat gimana sejarah Microsoft Word. Cekidotzz..

Sejarah Singkat Microsoft Word           
Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap. Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya. Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.

Friends, sekarang udah pada tau kan sejarahnya Microsoft Word itu gimana? Kalo gitu aku akan menunjukkan yang lebih penting lagi nih tentang Microsoft Word, kalian penasaran apa itu :D?? (yaelahh.. kelamaan nih si author :v). Oke-oke sekarang kita akan lihat fungsi dari Microsoft Word, yukzz langsung dilihat...


FUNGSI MICROSOFT WORD           
Sebagaimana yang kita ketahui, Microsoft Word digunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun membuat makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam Microsoft Word, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Karena itu friends aku membuat ini supaya friends jadi lebih tau deh apa-apa aja fasilitas yang bisa dipakai di Microsoft Word. Nah, langsung kita lihat aja apa fungsi dari Microsoft Word itu.  
1. Jenis huruf Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font) 
2. Pembuatan Numbering Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen. 
3. Pembuatan Outline Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level) 
4. Pemakaian Break Section Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page). 
5. Penomoran Halaman Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page) 
6. Pembuatan Daftar Tabel Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field. 
7. Pembuatan Daftar Isi Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel).
8. Editing dengan Document Map Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat).

Wah..wah, ternyata fungsi Microsoft Word itu banyak juga yaa friends :) dan kita juga bisa memakai semua fasilitas itu di Word, apalagi buat kalian juga nih yang lagi pada buat skripsi atau laporan ataupun makalah, friends bisa mengandalkan semua yang ada di Word, tinggal klik Ctrl+... udah siap :D. Nah, untuk kalian yang belum tau cara membuka Microsoft Word nih aku kasih penjelasannya (udah tau kali thor -_-), ehehe.. mana tau belum ada yang ngerti cara membukanya, aku kan cuman mau nambahin aja :v.

Cara Mengaktifkan Microsoft Word 
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut : 
1. Pilih dan Klik tombol Start 
2. Pilih menu program 
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word 
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan.

Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2x shortcut microsoft word pada dekstop.

Nah, udah pada tau semua yaa apa itu Microsoft Word, sejarahnya Microsoft Word, fungsi Microsoft Word, terus cara mambukanya juga gimana (buat yang belum tau tuh :"v). Oke deh friends aku rasa sampek disini aja nih yang udah aku tulis, dan terima kasih buat kalian yang udah baca blog aku (walaupun ini masih tulisan sederhana :"v), dan aku akan merindukan kalian friends :* :* (idiihh author jijaayy dechh.. :v -_-) hehehe... semoga bisa dicoba nih friends apa yang udah aku sampaikan di blog ini. Dan terima kasih sekali lagi buat semuanya, sampai ketemu lagi di blog aku yang lain yaa :D.

Silahkan di comment dibawah sini yaa friends :D





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © APLIKOM E BLOG - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -